Pengertian e-commerce
1. Perdagangan elektronik yang disebut juga E-Commerce, yaitu penggunaan jaringan komunikasidan komputer untuk melaksanakan proses bisnis.
2.Perdagangan populer dari e-commerce adalah pengguna internet dan komputer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk
I. PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Dalam arti sempit, perdagangan elektronik (e-commerce) hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis yang melintas batsperusahaan saja dengan menghubungkan komputer mereka masing-masing dengan internet.
q E-commerce bisnis ke konsumen (bussiness to costumer B2C ) yang mengacu pada transaksi-transaksi terjadi antarasebuah bisnis dan konsumen akhir produk.
qE-commerce bisnis ke bisnis (bussiness to business –B2B) yang mengacu pada transaksi antar bisnis dimana tidak adapihak yang menjadi konsumen akhir B2B melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit, biasanya mereka yang berada didalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh.
II. INTELIGENSI BISNIS (BUSSINESS INTELLIGENCE)
Inteligensi bisnis (business inteligence – BI ) adl aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalamlingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan. Basis data Eksternal Perusahaan dapat melakukan pencarianekstrernal sendiri untuk kecerdasan pasar.
Langkah pertama untuk menuju mencapaian e-commerce adl mendapatkan pemahaman mengenai lingkungan dimanaperdagangan akan dilaksanakan. Sebagian besar keceradasan ini dapat dikumpulkan oleh cara-cara non-komputer,akan tetapi basis data komputer dapat menjadikan pemindaian volume-volume informasi dalam jumlah besar, mungkinuntuk dilakukan dengan cepat, mudah dan mnyeluruh.
III. STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
Sistem interorganisasional (interorganization system – IOS) merupakan suatu strategi yang mengkaitkan unsur-unsur yang ada dengan transmisi data elektronik. Istilah lain yang sering dipergunakan untuk IOS adl EDI, yang merupakan singkatan dari electronic data interchange (pertukaran data ekektronik).
EDI dianggap sebagai sekumpulan dari suatu sistem interorganisasional. Pertukaran data elektronik adalah salah satu cara untuk mendaptkan suatu sistem interorganisasional.
IV. SISTEM INTERORGANISASIONAL
E-commerce merupakan suatuhal yang fudamental bagi sistem interorganisasional. Pertukaran sejumlah besar data secara cepat dan aman merupakan hal yang kritis untuk mendukung transaksi-transaksi organisasi yang menggunakan teknologi informasi untuk bersaing
Manfaat IOS sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan dua manfaat penting yaitu
a.Efesiensi Komparatif
b.Kekuatan penawaran (bargaining power)
. Menawarkan fitur-fitur produk yang unik
. Meningkatkan biaya perpindahan
. Ekstranet
V. STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2B menjadikan nilai uang e-commerce B2B menjadi penting adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keenganan mereka untuk melakukan pembelian dengan menggunkan web
qProduk – produk Digital
qProduk – produk Fisik
qPenjualan Maya versus Campuran
VII. MENGGUNAKAN INTERNET
E-commerce tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan organisasi. Internet bermula pada tahun 1969 ketika pemerintah AS membuat suatu jaringan yang disebut ARPANET. Usaha yang diawali tahun 1989 mengarah pada apa yang kita kenal hari ini sebagai Word Wide Web. Word Wide Web, yang di sebut sebagai Web ataupun WWW merupakan informasi yang dapat diaskes melalui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia (file-file komputer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metod penentu alamat yang unik.
VIII. CYBERSPACE DAN SUPERHIGHHWAY INFORMASI
Istilah cyberspace diperkenalkan pada tahun 1984 oleh Wiliam Gibson dalam Neuromancer untuk menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Saat ini, cyberspace berarti dunia internet dan Word Wide Web. Istilah superhighway informasi digunkan untuk menggambarkan suatu kekuatan positif yang memberikan askes atas sejumlah informasi yang terdapat dalam masyarakat moderen kita. Analogis superhighway itu sendiri sangat berguna. Penggunaan yang memerlukan superhighway informasi mmerlukan sebuah komputer yang akan melibatkan biaya pelatihan dan menawarkan sebuah keuntungan.
IX. APLIKASI BISNIS INTERNET
Secara sederhana, Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Internet dapat digunakan oleh semua jenis platform komputer tanpa harus melakukan upaya khusus. Pertumbuhan jumlah situs Internet yang fenomenal telah menjadikan Internet sebagai sumber informasi yang tidak dapat diabaikan. Semua area perusahaan dapat menggunakan Internet, namun satu area yang penting adalah manajemen rantai pasokan. Rumah sakit dapat mempergunakan Internet untuk melaksanakan pembelian secarao n l n e, dengan menggunakan suatu bursa perdagangan klinik.
X. SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
Dalam membuat keputusan strategis bagi perusahaan, para eksekutif hendaknya mempertimbangkan beberapa hal berikut dan memberikan tanggung jawab untuk mencapai tujuan-tujuan ini kepada pihak CEO atau IS, yaitu :
1. Pastikan situs Web Anda kuat.
2. Pastikan browser dan struktur basis data Anda fleksibel maupun
intuitif.
3. Menekan isi.
4. Sering diperbaharui.
5. Melihat di luar pelanggan.
6. Tunjukkan isi pada kebutuhan spesifik pengguna.
7. Menjadikan Internet intuitif.
8. Berada di lokasi Web yang tepat.
9. Ciptakan rasa kebersamaan.
10. Carilah bantuan jika Anda memerlukannya.
XI. DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA MENDATANG
E-commerce mengalami perkembangan yang cukup baik di Amerika dan di seluruh dunia. Selama lima tahun terakhir, tingkat pertumbuhane - c o m m e r c e di Amerika Serikat telah mencapai 15 persen. Jumlahe - c o m m e r c e yang luar biasa terjadi antarbisnis.E - c o m m e r c e B2B nampaknya tidak berpengaruh terhadap pelanggan, tetapi harga yang lebih rendah dan layanan pelanggan yang lebih baik yang dimungkinkan B2B adalah hal yang membuat organisasi bisnis kompetitif.
EmoticonEmoticon